Entrepreneur

Sembrani Nusantara dari BRI Ventures Kumpulkan Rp 150 Miliar Dari Investor

Nicko Widjaya, CEO BRI Ventures

ACN Media – PT BRI Ventura Investama atau BRI Ventures, anak usaha Bank BRI mengumumkan telah berhasil mengumpulkan pendanaan dari investor sebesar 150 miliar Rupiah. Pendanaan ini akan digunakan untuk Dana Ventura Sembrani Nusantara, dana ventura di bawah OJK yang diluncurkan oleh BRI Ventures pada bulan Juni lalu.

Baca juga: Kredivo Dapatkan Pendanaan Sebesar US$ 100 Juta dari Victory Park Capital Advisors

Dana Ventura tersebut bertujuan untuk membangun pipeline bagi para ‘sembrani’ (istilah yang digunakan oleh BRI Ventures untuk menggambarkan startup lokal yang berkelanjutan setelah era ‘unicorn’. Dana Ventura Sembrani Nusantara akan fokus berinvestasi kepada startup yang memiliki potensi untuk mendapatkan pertumbuhan yang sustainable dan menghasilkan kinerja pertumbuhan yang realistis.

 

Baca Juga :  East Ventures Mengumumkan Triawan Munaf sebagai Venture Advisor

Beberapa nama investor Indonesia yang bergabung dalam pendanaan ini perusahaan modal ventura Celebes Capital, Grab Holding, Fazz Financial Group, Investree, dan investor bisnis terkemuka Pandu Sjahrir. Selain memiliki dukungan dari Bank BRI, Dana Ventura Sembrani Nusantara juga menggandeng super-app regional Grab sebagai salah satu investor.

Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures mengatakan, senang sekali dengan tanggapan positif yang dihasilkan dari para investor Dana Ventura Sembrani Nusantara pada periode pendanaan pertama ini. “Seluruh investor ini merupakan mereka yang memiliki pengalaman berinvestasi di perusahaan rintisan, dan mereka yang percaya terhadap ekosistem digital di indonesia,” jelas Nicko.

 

Dana Ventura Sembrani Nusantara melirik area investasi di luar sektor teknologi finansial (fintech), sesuai dengan tesis investasi “beyond fintech”, dan juga berfokus kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

BRI Ventures berharap melalui Dana Ventura Sembrani Nusantara, para stakeholders akan membuka diskusi untuk menjajaki model bisnis yang baru. Sembrani Nusantara adalah Kontrak investasi Bersama (KIB) yang mirip dengan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) dalam Reksadana yang sudah dikenal secara umum dan diawasi oleh OJK.

Baca juga: Kembangkan Infrastruktur Open Finance, Finantier Dapatkan Pendanaan Tahap Awal

Baca Juga :  Mau Ikut Google Startup School? Program Gratis Untuk Startup di Asia-Pasifik

Nicko menambahkan, “Mengingat tujuan bersama kami adalah mendukung ekosistem digital lokal dan membangun Perusahaan rintisan yang layak IPO, kami menyadari bahwa Dana Sembrani Nusantara dapat berperan lebih aktif dalam lanskap pendanaan lokal di masa depan dan membangun industri modal ventura yang bersaing dengan Singapura.”

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks