Teknologi

Siap IPO Startup Truk Listrik Rivian Targetkan Menjadi Pesaing Tesla

ACN Media – Perusahaan rintisan (startup) truk listrik Rivian Automotive Inc berencana menggelar penarawan saham perdana alia initial public offering (IPO) pada akhir tahun ini. Rivan menargetkan valuasi sekitar US$ 70 miliar dalam initial IPO nanti.

Baca juga: 2024 Eropa Akan Punya Taksi Udara Dan Drone Kargo

Rivian disebut telah melakukan pembicaraan awal dengan para bankir terkait rencananya melantai di bursa saham tahun ini. Namun, jadwal perusahaan untuk penawaran umum perdana belum final dan pencatatan bisa dilakukan di akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Dikutip Reuters, saat ini, valuasi Rivan mencapai US$ 27,6 miliar putaran investasi US$ 2,65 miliar yang dipimpin T. Rowe Price. Amazon.com Inc dan Ford Motor Co juga terlibat dalam pendanaan Rivian ini. Rivian saat ini juga telah menggandeng sejumlah penasihat termasuk Goldman Sachs Group Inc, JPMorgan Chase & Co., dan Morgan Stanley pada penawaran umum perdana.

Sejak awal 2019 startup tersebut melaporkan telah berhasil mengumpulkan hingga US$ 8 miliar. Dengan suntikan investasi yang semakin besar beberapa tahun belakangan, Rivian diprediksi akan sanggup menjadi pesaing kuat Tesla.

Pada 2019, Amazon memesan 100.000 van listrik dari Rivian. Mobil pesanan Amazon tersebut nantinya akan mulai diproduksi di pabrik Rivian di Normal, Illinois, Amerika Serikat, pada akhir 2021, dengan semua pengiriman akan selesai di 2024.

Baca juga: Luncurkan Truk F-150, Ford Semakin Serius Dalam Mengembangkan Mobil Listrik

Pendiri sekaligus CEO Rivian R.J. Scaringe mengatakan kepada Reuters pada November tahun lalu, mereka berencana membuat model yang lebih kecil dengan pasar China dan Eropa sebagai target utamanya.

Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks