Internasional

SoBanHang Startup Pembukuan Untuk UMKM Vietnam Mengumumkan Pendanaan US$ 1,5 Juta

Aplikasi SoBanHang

ACN Media – Startup aplikasi pembukuan UMKM asal Vietnam, SoBanHang, mengumumkan telah mendapatkan pendanaan putaran awal sebesar US$ 1,5 juta dari FEBE Ventures, perusahaan VC yang berbasis di AS, dan individu seperti Kevin P. Ryan, pendiri Business Insider.

Baca juga: Platform Layanan Kesehatan Mental Asal Singapura, Intellect Mengumumkan Mendapat Pendanaan Seri A US$ 2,2 Juta

SoBanHang yang dalam bahasa Indonesia berarti “buku penjualan” akan menggunakan modal ini untuk membantu pemilik usaha kecil membuat toko online dan mengelola pesanan dan mendapatkan pasar lebih luas di Vietnam.

Diluncurkan pada bulan Mei 2021 lalu, SoBanHang didirikan oleh Hai Long Bui, mantan kepala analisis dan CTO di Landers Superstore (jaringan supermarket Filipina) dan Hai Nam Bui, mantan eksekutif Lazada.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan TechCrunch, salah satu pendiri, Hai Nam Bui mengatakan bahwa sebagian besar pengecer Vietnam tidak terbiasa dengan proses pembayaran dengan penyedia logistik pihak ketiga atau dompet digital.

“Itu adalah momen aha ketika saya menyadari bahwa banyak platform e-commerce masih belum dapat dijangkau oleh sekitar 90 persen pengecer di Vietnam”, ujarnya.

SoBanHang ditujukan untuk pemilik usaha kecil terutama bisnis milik keluarga yang memiliki kurang dari lima karyawan. Perusahaan mengklaim telah mendaftarkan hampir 20.000 pedagang pada Agustus. Ini termasuk peningkatan pendaftaran dari pengecer makanan selama pandemi.

Baca juga: Platform Perdagangan Mata Uang Kripto, Bitpanda Kumpulkan Pendanaan US$ 263 Juta

Hai Nam Bui meyakini bahwa SoBanHang dapat membantu usaha kecil bersaing dengan perusahaan besar seperti supermarket dan toko serba ada ketika pembatasan wilayah akibat pandemi telah dicabut.

Enable Notifications    OK No thanks