Startup

Startup Edutech Ruangguru Mengumumkan Mendapat Pendanaan Seri C Sebesar USD 150 Juta

CEO Ruangguru, Belva Devara dan COO Ruangguru, Iman Usman

ACN Media, Jakarta – Platform belajar daring Ruanguru mengumumkan mendapat pendanaan Seri C sebesar 150 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 2,1 triliun dari General Atlantic dan GGV Capital.

“Kami sangat antusias menyambut kemitraan dengan General Atlantic dan GGV Capital ini. Kami yakin dua perusahaan ini telah memahami visi kami, yakni membangun perusahaan pendidikan yang berdampak sosial tinggi dan juga berkelanjutan. Kami berharap kemitraan ini dapat membantu kami untuk mencapai misi kami,” kata CEO dan founder Ruangguru, Belva Devara, dalam keterangan resmi, Kamis (26/12/2019).

Pendiri dan Direktur Produk dan Kemitraan Ruangguru Iman Usman mengatakan Ruangguru menyediakan beragam produk. Di samping produk Ruangbelajar untuk pelajar SD, SMP, dan SMA, ada juga bimbingan belajar langsung dari aplikasi, jasa penyediaan guru les, materi pelatihan profesi dan keterampilan, serta platform sistem manajemen belajar untuk perusahaan.

Iman menyebut Ruangguru berkomitmen untuk terus membangun kurikulum yang komprehensif, dan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang mudah dimengerti dan menyenangkan. 

Pendanaan Seri C ini akan digunakan untuk mengembangkan produk layanan Ruangguru di Indonesia dan Vietnam. Vietnam menjadi negara pertama Ruangguru melakukan ekspansi.

Baca Juga :  Ambisi Menkominfo Baru Cetak Startup Hectocorn

General Atlantic membuka kantor cabang di Indonesia sejak Desember 2018, pendanaan ini merupakan yang kedua bagi perusahaan investasi tersebut setelah PT MAP Boga Adiperkasa.

Sebagai bagian dari investasi, Managing Director dan Pimpinan General Atlantic Indonesia, Ashish Saboo akan bergabung ke jajaran komisaris Ruangguru.

“Kami berkomitmen untuk mendukung perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, termasuk dalam membantu pemerintah, guru-guru, dan orangtua dalam mengoptimalkan kegiatan belajar yang holistik dan membantu pelajar di Indonesia untuk menjadi lebih kompetitif secara global. Kami yakin bahwa pengalaman panjang kami bersama berbagai perusahaan teknologi pendidikan lainnya di dunia dapat membantu Ruangguru bertumbuh pesat,” kata Saboo.

Ruangguru didirikan pada tahun 2014, pada pertengahan tahun 2019 platform ini memiliki 15 juta pendaftar. 80% pengguna platform ini berada di luar Jakarta.

Baca Juga :  Rencana Merger Uber Dan DoorDash Tidak Menghasilkan Kesepakatan

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks