Startup

Startup Estetika Gigi KLAR Dapatkan Pendanaan Tahap Awal Dari AC Ventures

Founder KLAR: David Sugihartana, Ellen Pranata dan Adelia Susanto

ACN Media – KLAR, startup teknologi kedokteran gigi estetika di Indonesia, telah menutup putaran awal investasi yang dipimpin oleh investor lokal tahap awal AC Ventures. Perusahaan VC tahap awal lainnya yang juga turut berpartisipasi adalah Kenangan Fund.

Baca juga: Populix Luncurkan Daftar Top 30 Startup Teknologi Indonesia

Startup yang kini beranggotakan 20 orang itu, berencana menggunakan dana ini untuk pengembangan tim riset, memperkuat timnya, dan memberikan penawaran produk pelengkap untuk menawarkan perawatan gigi estetika dan fungsional holistik bagi pasien.

Ellen Pranata, CEO dan salah satu pendiri KLAR mengatakan, pendanaan ini merupakan langkah awal untuk mengembangkan KLAR lebih jauh dan mencapai semua tujuan ketika kami memutuskan untuk mendirikan startup ini.

“Kami melihat semakin banyak pasien yang ingin memiliki gigi yang sehat dan senyum yang menarik untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Namun, mereka lebih memilih proses yang nyaman tanpa mengorbankan faktor estetika,” kata Ellen .

Diluncurkan pada September 2020, KLAR menggabungkan teknologi mutakhir dengan keahlian ortodontik untuk menciptakan aligner ultra-clear modern. Perusahaan mengklaim aligner ini nyaman dipakai dan dapat meningkatkan estetika dan kesejajaran gigi tanpa menggunakan kawat gigi.

Aligner ultra-clear KLAR

 

Saat ini, KLAR telah bermitra dengan 600+ dokter gigi dan ortodontis di seluruh nusantara. Perusahaan ini sekarang hadir di lebih dari 100 klinik gigi di 32 kota. Jakarta, Bali, dan Surabaya adalah kota-kota utamanya.

Startup ini mengikuti model bisnis B2B2C: ia menyediakan teknologi pelurus gigi berteknologi tinggi kepada dokter gigi mitra, yang dapat mereka gunakan untuk melengkapi layanan gigi mereka kepada pasien. Baik dokter gigi maupun pasien juga dapat berinteraksi dan memantau kemajuan perawatan dari jarak jauh dengan aplikasi seluler KLAR, KLAR Smile. Ini mengurangi jumlah kunjungan dan waktu yang dihabiskan untuk pemeriksaan berkala.

“KLAR berusaha menyelesaikan masalah yang ada dengan solusi yang lebih baik, lebih terjangkau, dan lebih nyaman. Didukung oleh tim pendiri yang solid dan jaringan industri yang kuat, kami percaya KLAR memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi pemenang di pasar estetika gigi yang besar dan berkembang di Indonesia. Selain itu, pasar yang bagus untuk aligner adalah di utara US$ 3 miliar. Dengan pertumbuhan PDB per kapita dan meningkatnya minat pada perawatan diri dan estetika, kami yakin bahwa permintaan akan aligner akan terus tumbuh,” kata Michael Soerijadji, pendiri dan mitra umum AC Ventures.

Estetika gigi adalah industri yang berkembang pesat di Asia Tenggara. Baru-baru ini, startup produk gigi langsung ke konsumen yang berbasis di Singapura, Zenyum, mendapatkan putaran pendanaan Seri B senilai US$40 juta yang dipimpin oleh L Catterton.

Structo adalah startup lain, yang menawarkan startup solusi pencetakan 3D gigi. Pada 2019, startup menutup putaran pendanaan dari EDBI, GGV Capital, Wavemaker Partners, dan Pavilion Capital.

Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks