Startup

Telkom Melalui MDI Ventures Siapkan Pendanaan Rp 7 Triliun Untuk Danai Startup

ACN Media, Jakarta — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) berencana menggelontorkan dana untuk membiayai startup. Telkom melalui bisnis usaha modal ventura mereka, MDI Ventures menyiapkan dana sebesar US$ 300-500 atau Rp 7 triliun pada semester II-2020.

Program pendanaan bernama Telkom Fund II ini merupakan upaya Telkom untuk menjadi pemain global disektor modal ventura dan berkompetisi dengan usaha sejenis di luar negeri. MDI Ventures sebelumnya telah meluncurkan Telkom Fund I pada 2016 dan bersama KB Ventures merilis program Centauri Fund pada Desember 2019.

Managing Partner MDI Ventures, Kenneth Li mengatakan, MDI Ventures memiliki tujuan, salah satunya untuk mendukung perusahaan Indonesia untuk bisa berkembang pesat dan menjadi perusahaan kelas dunia. Ketika perusahaan rintisan seperti Gojek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak lahir, MDI Ventures masih belum berdiri. Kini perseroan ingin berpartisipasi untuk bisa mendukung the next unicorn lahir di Indonesia.

Pada program Telkom Fund I dikucurkan pendanaan sebesar US$ 100 juta, MDI Ventures telah menyuntikkan dana kepada 38 start-up di dalam dan luar negeri. Sejumlah portofolio start-up dalam negeri yang didanai Telkom antara lain Payfazz, Wavecell, Privy, dan Kredivo.

Di luar negeri portfolio MDI Ventures telah tersebar di 11 negara antara lain, Amerika Serikat, Singapura, Hongkong, Tiongkok, Thailand, Australia, Selandia Baru, India, Filipina, Jepang dan Korea Selatan. 

Direktur Strategic Portfolio Telkom, Achmad Sugiarto mengatakan, program ini dijalankan untuk penguatan kapabilitas digital sekaligus berinvestasi di industri digital yang tengah mengalami pertumbuhan bisnis dan valuasi yang meningkat pesat.

Rencana pendanaan startup ini sejalan dengan arahan dari Kementrian BUMN yang menginginkan Telkom segera mempercepat tranformasi dalam menghadapi disrupsi. Melalui penguatan kapabilitas dan pengalokasian investasi, kinerja Telkom diharapkan dapat tumbuh berkesinambungan.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks