Bisnis

Traveloka Jajaki Merger Dengan SPAC Bridgetown Holdings Ltd Untuk IPO Di Amerika Serikat

ACN Media – Traveloka dikabarkan dalam pembicaraan lanjutan untuk merger dengan special purpose acquisition company (SPAC), Bridgetown Holdings Ltd. Aksi penggabungan usaha atau merger dengan SPAC ini untuk mencatatkan sahamnya (listing) di bursa Amerika Serikat (AS).

Baca juga: IPO Di Amerika, Grab Holding Berencana Merger Dengan SPAC

Bila kesepakatan ini terjadi,  berpotensi membuat valuasi Traveloka menjadi sekitar US$ 5 miliar atau sekitar Rp 72,8 triliun. Kesepakatan dengan Bridgetown juga akan membuat Traveloka sebagai salah satu unicorn Asia Tenggara pertama yang menjadi perusahaan publik melalui skema SPAC. Pada 2020, valuasi Traveloka diperkirakan mencapai US$ 2,75 miliar.

“Transaksi potensial ini juga dapat menggalang dana sekitar US$ 500-750 juta melalui skema investasi swasta di ekuitas publik (private investment in public equity/PIPE),” kata sumber yang dikutip Bloomberg.

Bridgetown Holdings didukung oleh investor kawakan Silicon Valley, Peter Thiel dan taipan asal Hong Kong, Richard Li. SPAC atau blank check company ini meraih dana IPO senilai US$ 595 juta dan tercatat di Nasdaq, AS, pada Oktober 2020.

Baca juga: Investree Kantongi Izin Usaha Beroperasi Di Thailand

Sebelumnya Traveloka sempat dikabarkan menunjuk JP Morgan untuk mengeksplor rencana IPO di Wall Street, sementara Tokopedia menunjuk Morgan Stanley dan Citi sebagai penasihat dalam upaya mengakselerasi rencana perusahaan menjadi perusahaan publik.

About the author

Eric Kaeng

Founder and CEO of @asemcreativenetwork dan acnmedia.id, explore the latest tech, startups and business in South East Asia.

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks