Teknologi

UMG Idealab Perusahaan Venture Capital Sekaligus Venture Builder Besutan Kiwi Aliwarga Telah Mendanai Sekitar 60 Startup

Kiwi Aliwarga

ACN Media, Jakarta – UMG Idealab, perusahaan Venture Capital (VC) sekaligus Venture Builder (VB) besutan inovator teknologi, Kiwi Aliwarga telah mendanai sekitar 60 startup. Setengah dari angka tersebut merupakan pendanaan di startup Tanah Air, sisanya tersebar di Myanmar, Thailand dan China. 

Visi Kiwi Aliwarga mendirikan UMG Idealab adalah untuk memberikan kontribusi pada solusi teknologi berkelanjutan. Mereka berharap bisa berkontribusi lebih untuk kemajuan teknologi tanah air. 

Riset yang saat ini dilakukan oleh UMG Idealab yaitu pengembangan passenger drone melalui startup Frogs, bidang biotechnology melalui Biotech, pengembangan energi terbarukan antara lain berupa baterai melalui Lectro, pengembangan teknologi smart speaker dan teknologi Neuro-Linguistic Programming (NLP) dalam Bahasa Indonesia, pendirian Pusat Riset dan Pendidikan Artificial Intelligence (AI) dengan Universitas Indonesia, dan deep tech untuk mendukung industri 4.0, seperti robotic, big data, dan voice recognition technology.

Tahun 2020, UMG Idealab akan semakin fokus pada tiga hal krusial, yaitu perubahan iklim, ketidakmerataan, dan perkembangan UKM di Indonesia.

Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perubahan iklim global yang ikut berdampak pada kinerja ekonomi negara. Peningkatan suhu sekitar 0,8 derajat Celcius diperkirakan akan terjadi pada tahun 2030 dan mengubah pola curah hujan sepanjang tahun. Penggunaan alat transportasi dan produksi listrik turut menyumbang tingginya peninggalan jejak karbon, Jelas UMG Idealab dalam siaran pers (Kamis).

“Sekitar 13% emisi gas rumah kaca dihasilkan dari proses produksi dan transportasi makanan. Kita dapat mengurangi angka tersebut dengan meminimalisir proses transportasi makanan. Itulah yang kami lakukan di UMG Idealab. Startup Fistx berkonsentrasi pada budidaya udang dan ikan di kota-kota sehingga dapat mengurangi carbon footprint dan memotong ongkos transportasi. UKM tentunya juga dapat memperbesar skala usahanya dan mendapatkan profitnya dari sini,” ujar Kiwi dalam menanggapi perubahan iklim yang terjadi beberapa tahun ke belakang. Sementara itu, ia juga menjelaskan tentang startup Lectro yang memproduksi baterai untuk rumah, pabrik, dan power plant di mana akan mengurangi carbon footprint dalam produksi listrik.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks