Startup

Warung Pintar Akuisisi Bizzy Digital

ACN Media – Startup mikro-ritel, Warung Pintar mengakuisisi Bizzy Digital yang merupakan startup logistik dan distribusi rantai pasok B2B terintegrasi.

Baca juga: Startup P2P ErudiFi Mendapat Pendanaan Seri B US$ 5 Juta Dari Monk’s Hill Ventures dan Qualgro

Pasca-akuisisi, Warung Pintar memperkuat posisinya di pasar e-commerce B2B Indonesia yang diperkirakan akan tumbuh hingga menjadi tiga kali lebih besar dari pasar e-commerce B2C (business to consumer).

Co-founder & CEO of Warung Pintar, Agung Bezharie menyatakan, lewat akuisisi ini perusahaan berharap bisa mengubah pendekatan distribusi berbasis platform digital di lapangan.

“Kehadiran Bizzy Digital di ekosistem Warung Pintar membuat kami bisa memberikan jaminan keandalan distribusi, ketersediaan produk, dan harga yang fair dengan bekerja berdampingan bersama distributor brand,” ujar Agung.

Co founder & CEO Warung Pintar, Agung Bezharie

 

Aksi korporasi menggabungkan dua perusahaan ini membuat Warung Pintar memiliki total kerjasama dengan 600 brand, melayani 230.000 peritel di 65 kota di seluruh Indonesia, dengan jaringan distribusi skala nasional.

Pada akhir 2020 Warung Pintar mengklaim telah melayani lebih dari 100.000 pemilik warung di 35 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, dengan pertumbuhan pengguna mencapai 30 kali lipat.

Mereka juga menggandakan fasilitas distribusi dari 5 gudang menjadi 11 gudang, serta membantu pemilik warung untuk meningkatkan pendapatan harian sebesar 20% hingga 34%.

Berdiri pada 2017, Warung Pintar fokus dalam menerapkan teknologi untuk membantu menyelesaikan beragam permasalahan yang ditemui para pemilik warung. Warung adalah bagian besar dari perekonomian Indonesia karena berkontribusi atas 70% transaksi ritel nasional.

Bizzy Digital kini telah melayani lebih dari 100.000 peritel bersama 45 mitra distribusi yang tersebar di 39 kota dan telah bekerja dengan erat dengan lebih dari 50 brand FMCG besar dan distributor mereka.

Willson Cuaca, Co-founder dan Managing Partner di East Ventures sebagai pemegang saham di kedua perusahaan melihat ada sinergi dan efisiensi yang kuat dari penggabungan kedua perusahaan.

 “Dengan bergabung, mereka bisa melayani kedua sisi industri, konsumen, ritel, dan brand dengan cara yang paling efektif. Warung Pintar datang dari sisi permintaan, sedangkan Bizzy Digital dari sisi suplai.” ujar Willson.

Baca juga: Aplikasi Dropship RateS Dapatkan Pendanaan Seri A

Setelah tergabung dalam ekosistem yang sama, kedua perusahaan akan fokus pada kekuatannya masing-masing, Warung Pintar dalam menarik peritel ke ekosistem digital dan Bizzy Digital kolaborasi dengan brand dan distributor. Lewat pendekatan ini, Warung Pintar dan Bizzy Digital akan bersinergi dari dua arah untuk mendorong digitalisasi pasar FMCG Indonesia.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks